PROPOSAL (USAHA BERSAMA)
“GEROBAK GUDEG DELIVERY”
Disusun oleh :
Febby Rachmadania 12612845
Winda Ayu Prabowo 17612731
Universitas Gunadarma
2015
Table of Content
I.
Latar
belakang ………………………………………………………
1.1 Profil
perusahaan……………………………………………..
II. Manfaat
usaha ………………………………………………………
2.1 Ekonomis ………………………………………………………..
2.2 Sosial …………………………………………………………….
III. Rumusan
Masalah ………………………………………………….
IV. Produk
……………………………………………………………….
V. Analisis
SWOT ……………………………………………………...
5.1 Faktor internal …………………………………………………
5.2 Faktor Eksternal ……………………………………………….
VI. Rencana
Usaha ………………………………………………………
VII. Analisis
Pasar ………………………………………………………..
7.1 Target pasar ……………………………………………………..
7.2 Pesaing …………………………………………………………...
7.3 Sasaran pembeli …………………………………………………
VIII. Strategi Pemasaran ………………………………………………….
IX. Strategi
promosi ……………………………………………………..
X. Analisis
operasional …………………………………………………
10.1
Analisis aspek Finansial ..…………………………………….
10.1.1
Modal………………………………………………………………….
10.1.2
Karyawan…………………………………………………………….
10.1.3
Harga Produk
10.2
Analisis Marketing ……………………………………………
10.2.1
Penjualan…………………………………………………………..
10.2.2
Pembagian Hasil Kerja………………………………………..
i. Latar
belakang
Kebutuhan
masyarakat umumnya yang tinggal diperkotaan sangatlah beragam khususnya
dibidang pemenuhan energi bagi tubuh, tempat makan dengan jasa pengiriman atau
door to door yang kian menjamur di ibukota dengan berbagai konsep dan menu yang
beragam ditawarkan kepada pengunjung.Selain itu, dengan perkembangan zaman dan
teknologi maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli
makanan, karna pada masa kini banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan
bahan kimia yang berbahaya.Sebagian masyarakat kelas bawah, memilih makanan
hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah.Dua hal inilah yang menjadi
prioritas utama mereka dalam membeli makanan.Mereka tidak begitu memikirkan
kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut.Untuk itulah kami bermaksud
untuk membuat makanan yang memiliki rasa yang enak dengan harga yang cukup
murah dan aman untuk dikonsumsi karena tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya,
serta memiliki kandungan gizi yang cukup.
Dari uraian
diatas maka sangat potensial bila kami mengembangkan usaha GEROBAK GUDEG
DELIVERY ini, karena sebagian dari masyarakat sangat menyukai masakan yang
berbahan dasar ayam, karena rasanya yang enak, gurih, nikmat dan bergizi.
Walaupun banyak resto maupun kedai makanan yang menjual masakan serupa, tetapi
perbedaan kedai dan resto yang sudah lebih dulu ada hanya rasa tanpa
mementingkan kebersihan dan kenyamanan tempat bagi pengunjung. Dan dengan adanya
kemajuan teknologi yang semakin canggih kami juga menyediakan delivery order
atau layanan pesan - antar yang akan kami layani 24jam dimanapun dan kapanpun
untuk para customer yang enggan keluar membeli GUDEG kami.
GEROBAK GUDEG
DELIVERY ini gabungan antara 2 usaha yakni usaha Gudeg Ceker Jogja dan Flash
Express (jasa pengiriman). Kami bekerja sama untuk menjual produk makanan delivery
order yang kreatif dan inovatif. Walaupun sudah banyak resto yang menggunakan
layanan pesan-antar atau delivery order. Tetapi perbedaan kami dengan delivery
order lainnya adalah kami siap antar 24 jam dimanapun dan kapanpun juga kami sangat
mengunggulkan cita rasa dan kebersihan produk makanan kami.
Delivery order
kami memaksimalkan untuk mengantarkan produk makanan kami tepat waktu. Sangat
diusahakan untuk menepati waktu yang telah disepakati.Dan juga dengan harga
yang terjangkau sangat cocok untuk kalangan yang memang tidak memiliki waktu
untuk memasak gudeg atau yang ingin memakan gudeg dengan cita rasa khas dari
jogja. Dengan alas an dan landasan tersebut kami berniat untuk merintis usaha
ini, dan usaha kami tersebut kami beri nama atas kesepekatan kami bersama yaitu
“GEROBAK GUDEG DELIVERY”. Dengan harapan pelanggan akan tertarik mengorder atau
menikmati layanan pesan antar kami dalam bentuk Nasi Gudeg Box dan Gudeg kaleng
cita rasa khas jogja dengan harga terjangkau.
1.1
Profil
Perusahaan
1.2
Nama Usaha : GEROBAK GUDEG DELIVERY
Alamat
Usaha : Jln. Jenderal sudirman no 24-25
Jakarta Pusat
No. Tlp : (021-89106857) (085717668407)
Pemilik 1 : Febby Rachmadania
Pemilik 2 : Winda Ayu Prabowo
II. MANFAAT USAHA
Bisnis usaha
dibidang kuliner pesan – antar atau delivery order ini menawarkan berbagai
keuntungan yang menggiurkan bagi pemilik sekaligus bagi masyarakat dan
lingkungan sekitar, selain itu, pemilik usaha dapat mengurangi angka
pengangguran yang meningkat akhir-akhir ini, selain manfaat yang disebutkan
manfaat ekonomis dan sosial dapat menjadi perhitungan kita saat membangun
usaha.
2.1 Manfaat
Ekonomis
Usaha ini cukup
menjanjikan, karena keuntungan yang didapat cukup besar. Kami menawarkan dan
memberikan kemudahan bagi pelanggan dengan memberikan harga yang murah tapi
dengan produk yang tidak murahan dengan kata lain kualitas produk selalu dijaga
dan dijamin kesehatannya. Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan
keuntungan tidak hanya saya sebagai pemilik tetapi bagi karyawan resto pesan
antar.
2.2 Manfaat
Sosial
Bagi masyarakat,
dengan adanya restoran pesan – antar atau delivery order ini, dapat menjadi
alternative bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka. Selain itu
juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang
membutuhkan pekerjaan, karena apabila usaha ini telah berkembang maka
membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam kelancaran usaha.
III. RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana
cara mengantisipasi persaingan usaha bisnis yang semakin ketat saat ini ?
2. Apa yang
menjadi keunggulan GEROBAK GUDEG DELIVERY dengan resto delivery orderyang lain ?
iv. produk
Produk yang kami
tawarkan dalam usaha ini kepada konsumen memiliki berbagai macam varian menu
yang dimiliki, seperti :
Ø GUDEG AYAM
SPESIAL (KALENG)
Ø GUDEG CEKER
SPESIAL (KALENG)
Ø NASI BOX GUDEG
AYAM DAN CEKER
Dengan memiliki
berbagai macam varian menu tersebut maka pengunjung dapat memilih menu yang
mereka inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing.Produk yang kami
berikan tidak menggunakan campuran bahan kimia yang berbahaya seperti formalin,
wantek, dll, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh konsumen dan tidak merusak
kesehatan.
V. ANALISIS SWOT
Adapun analisis
SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai berikut:
5.1 Faktor
internal.
Strengths
(Kekuatan)
• Penyajian ala
bintang lima dengan harga terjangkau dan rasa yang enak serta kebersihan serta
kualitas produk yang terjaga dengan baik
• Harga yang
cukup murah, sehingga dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat/konsumen.
• menu yang kami
sajikan ini memiliki rasa yang lebih nikmat dan gurih, karna kualitas dan
kebersihannya selalu kami utamakan.
• Karena menu
yang ditawarkan beragam, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai
dengan selera mereka masing-masing.
•
Perlengkapannya mudah di dapatkan.
· Weakness
(Kelemahan)
• Faktor
lalu lintas dalam pengiriman atau delivery order juga sangat mempengaruhi
kelancaran usaha ini, karena apabila jalanan kurang bersahabat seperti macet
atau hujan maka akan menghambat ketepatan waktu.
• Permintaan
dari konsumen biasanya akan menurun, jika keaadaan cuaca sedang buruk.
• Faktor
kenaikan dari harga sembako juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.
5.2 Faktor
Eksternal
Strengths
(Kekuatan)
· Melihat
banyaknya masyarakat yang menyukai menu masakan yang berbahan dasar ayam dan
layanan pesan-antar atau delivery order maka ini bisa dijadikan alternative
menu delivery order yang direkomendasikan untuk dinikmati.
· Karena
menu yang ditawarkan ini bisa dinikmati oleh semua usia dari yang muda sampai
yang tua, maka pasar sasarannya mencakup semua kalangan masyarakat.
Weakness
(Kelemahan)
· Faktor
lalu lintas jalanan juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini, karna apabila
lalu lintas jalanan kurang mendukung maka delivery order ini akan mengalami
keterlambatan waktu.
· Permintaan
dari konsumen biasanya akan menurun, jika keaadaan cuaca sedang buruk.
· Faktor
kenaikan dari harga sembako juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.
Vi. Rencana usaha
Adapun rencana
usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut:
1. Rencana
Jangka Pendek
Usaha bisnis
yang saya rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja didalam usaha
bisnis bagi kalangan sesama mahasiswa maupun bagi umum, selain dapat
meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan
untuk kehidupan masa depan dan biaya kuliah serta meningkatkan taraf pendapatan
pribadi.
2. Rencana
Jangka Menengah
Usaha yang kami
rintis ini pastinya akan kami kembangkan demi mewujudkan impian kami bersama,
yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan
pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha kami kedepannya.
Pelanggan ialah raja, maka dari itu kepuasan pelanggan menjadi yang utama dari
segalanya, karena tanpa pelanggan belum tentu usaha ini akan bertahan lama.
tidak lupa pula kami rajin melakukan promosi usaha kami, baik dari mulut ke
mulut, media online, dan media yang lainnya.
3. Rencana
Jangka Panjang
Setelah berhasil
mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari
usaha kami ini, tidak lupa pula kami membangun relasi bisnis dengan pengusaha
ayam agar kami dapat dengan mudah untuk mendapatkan bahan baku agar usaha ini tidak
mengalami kendala apapun dalam penyediaan bahan baku selain itu, usaha ini akan
dikembangankan tidak hanya di satu tempat tetapi ke berbagai tempat lainnya di
daerah Jakarta dan sekitarnya.
vii. ANALISIS PASAR
1. Target
Pasar
Segmentasi pasar
sangat berpengaruh terhadap kemajuan ekonomi industri maka dari itu harus di
pertimbangkan dan di pikirkan dengan cermat dan waspada karena pasar merupakan
salah satu tujuan dari pendistribusian usaha kami, dengan sedikit saja
kelalaian dan kecerobohan dapat mengurangi penghasilan perusahaan, dan mengakibatkan
banyak dampak negatif bagi perkembangan perusahaan tersebut.
Maka dari itu delivery order kami memilih lokasi yang kami gunakan untuk
pemasaran produk kami adalah di mulai dari pusat ibukota Jakarta.
Hal utama yang kami perhatikan dan lebih kami utamakan yaitu pelayanan, ketepatan waktu, kekuatan rasa dan kebersihan
yang lebih kami utamakan dari kondisi persaingan dalam pemasaran, serta reaksi
para pesaing. Selain hal tersebut di atas, dalam menentukan biaya dan laba yang
diharapkan, delivery order kami mengutamakan kondisi dan orientasi pasar yang
setiap waktu bisa berubah sesuai dengan keadaan selain itu, yang menjadi target
pasar kami yaitu masyarakat, kalangan menengah ke bawah dan atas juga mahasiswa.
2. Pesaing
Terdapat banyak
pesaing dari usaha delivery order ini, akan tetapi di sinilah kreativitas kita
bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa
membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita. namun
kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan
persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan
dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.
3. Sasaran
Pembeli
Dalam menjalankan
usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik
kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas.Dari semua kalangan
tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk makanan yang kami tawarkan,
karena harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan.Harga
yang kami berikan yaitu mulai dari Rp. 10.000.sampai dengan Rp25.000 sesuai
dengan ketentuan yang berlaku.
viii. strategi pemasaran
· Dengan
media Internet
Promosi yang
kami lakukan dengan memanfaatkan media internet, seperti dapat melalui
facebook, twitter, blog, LINE, dll.karena sebagian besar masyarakat telah
menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita.
· Dari
mulut ke mulut
Promosi ini
merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya
untuk melakukan promosi ini.cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau
keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua
konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. dan apabila usaha kita sudah
diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang
lain untuk membeli ayam tobat di restoran ini.
IX. STRATEGI PROMOSI
Untuk menarik
minat konsumen agar membeli menu yang ditawarkan kami mempunyai cara-cara
tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
- Pada hari
senin dan kamiskami memberikan potongan
harga dan free ongkir (ongkos pengiriman) kepada konsumen yang berpuasa senin
dan kamis.
-khusus di bulan
ramadhan untuk delivery order gudeg (kaleng) dan nasi gudeg box kami akan
memberikan gratis pudding dengan jumlah pembelian yang telah ditentukan
- kami juga
menawarkan harga special untuk delivery order nasi gudeg box minimal dengan
pemesanan 50 nasi gudeg box dengan diskon 20%
x. analisis operasional
10.1
Analisis aspek Finansial
1. Modal
a. sumber modal
1. modal sendiri
: Rp. 200.000.000
2. modal dari
investor : Rp. 201.000.000
* Modal awal
(perlengkapan yang dapat digunakan dalam jangka panjang)
kedai serta
perlengkapan masak : Rp. 50.000.000
Kaleng siap
pakai : Rp.50.000.000
Kotak box : Rp. 45.000.000
2 Mobil Box : Rp. 140.000.000
10 Motor : Rp. 100.000.000
Meja 20 buah :
Rp. 10.000.000
Alat WIFI buah : Rp 5.000.000
AC 4
buah : 10.000.000
2. Pegawai
Jumlah pegawai :
50 pegawai
Juru masak : 10 orang
Pengantar : 15 orang
Pegawai produksi
: 15 orang
Kasir : 5 orang
Pelayan : 5 orang
3. Harga
Produk
Adapun produk
yang kami tawarkan memiliki harga yang bervariasi tergantung dari rasa yang
diinginkan oleh konsumen, karna macam-macam dari menu tersebut tidak sama.
Adapun daftar harga yang kami tetapkan adalah sebagai berikut:
Ø GUDEG AYAM
SPESIAL (KALENG) : Rp. 20.000
Ø GUDEG CEKER
SPESIAL (KALENG) :
Rp. 20.000
Ø NASI BOX GUDEG
AYAM DAN CEKER :
Rp.18.000
PELAYANAN PESAN
ANTAR :
·
Setiap
daerah beda harga dan harga sudah ada di proposal Flash express sebelumnya ,
pelayanan ini khusus pengiriman Gudeg Ayam Spesial ( KALENG) dan Gudeg Ceker Spesial (KALENG).
·
Untuk
pelayanan nasi box hanya di sekitar daerah tempat kami berada dan harga akan
disesuaikan dengan berapa box yang akan di beli oleh pelanggan melalui via
telepon.
10.2 Analisis Marketing
· Penjualan
Penjualan
dilakukan setiap hari, biasanya dilakukan dari pagi hingga malam hari, 24 jam tergantung dari
bahan baku yang tersedia. Kami juga menerima pesanan dalam jumlah kecil dan
besar.Seperti untuk catering nasi box dan lainnya.
· Pembagian
hasil kerja
0 komentar:
Posting Komentar